Banyuwangi suatu wilayah yang berlokasi di paling ujung timur Kepulauan Jawa. Meski berlokasi di ujung, Banyuwangi bukan lantas jadi kota mati. Tempatnya yang strategis jadi urat nadi penyeberangan laut dari Kepulauan Jawa kearah Bali jika kalian ingin melakukan tur via darat Banyuwangi punya Pelabuhan Ketapang jadi penyeberangan kearah Gilimanuk Pulau Bali. Nah, apabila kalian berpeluang ke kota tersebut, prediksikan mencicipi hidangan khusus Situs wisata Kuliner Banyuwangi yang nikmat. Ada precet yang menyuguhkan manisnya masakan pisang ambon, makanan rawon pecel yang khas, sampai dengan nasi tempongnya yang paling pedas! Yuk, ke Banyuwangi.

  1. Sego Tempong Warung Mbok Sum Terletak di Jalanan Ahmad Yani No. 45 Nasi tempong mempunyai ciri khas saus kacang super pedas membuat rasanya sebagaimana tempong. yang berarti tempeleng lantaran pedasnya. Banyuwangi tidak cuma punya rujak solo. Namun ada juga menu yang dinamai nasi tempong. Menu tersebut cukup banyak penjajanya. Kalian bisa menemukannya di sebagian ruas Kota Banyuwangi satu dari beberapa ialah Sego Tempong Mbok Sum. Warung kepunyaan Mbak Sum (57) tersebut sudah lama berumur 18 tahun, warung yang berlokasi di Jalanan A. Yani tersebut belum pernah sepi tamu, terlebih kala siang dan sore jelang malam. Menu handalannya pastinya saja nasi tempong. Sebagai pelengkapnya, satu piring nasi tempong diberikan satu potong ikan jambal memiliki ukuran kecil yang digoreng memakai tepung, tahu goreng, juga bakwan jagung lumayan mengenyangkan lo. Satu piring nasi tempong rata-rata Rp. 10ribu. Cukup murah, ‘kan? Warung mbak sum tersebut menyediakan bangku juga meja panjang tuk santap dengan kapasitas sampai 80 orang, warung ini beroperasional 11.00–01.00.
  2. Warung Makan Precet Berlokasi di Jalanan Lusi no. 66 Pecel ialah kudapan menarik Banyuwangi. Menghidangkan pisang ambon yang dikelola secara khusus, setelahnya dipadukan santan beserta nangka. Namanya memang rada terdergar familiar. Tetapi nyatanya ini salah satu jajanan khas yang berada di paling ujung timur Kepulauan jawa. Iya. precet. Pasalnya Hidangan yang termasuk kudapan tersebut dijajakan di kedai-kedai kecil. Satu dari beberapa di warung precet Bu Zaenab. Letaknya memang lumayan menyempil tetapi hampir setiap warga di Jalan Lusi pastinya tahu soal eksistensi kedai yang mulai ada dari tahun ’60an. Saat ini penggarapan kedai terdapat di tangan Ny. Kusnul (42). putri dari Bu Zaenab.”Tidak hanya precet biasa, di sediakan juga precet komplit,” katanya ramah. Precet ialah kudapan bahan baku pisang, varietas pisang yang dipergunakan tidak lebih dari pisang ambon yang matang­purna. Pisang tersebut dikukus dahulu, kemudian dicetak mempergunakan cetakan bahan tempurung kelapa berlubang-lubang. Berbentuk persis saringan tetapi lubang lebih besar. Warung mungil tersebut open dari pukul 09.00–16 00.
  3. Rawon Pecel Ayu Berlokasi di Jln Adi Sucipto no. 60 Rawon juga pecel pastinya dua menu yang tidak sama. Tetapi di banyuwangi dua menu tersebut bertemu dengan 1 hidangan. dan pasti saja enak. Pecel emang populer di daerah Jawa Timur. Takkan terkecuali Banyuwangi. Jika pada umumnya pecel disajikan tidak lebih dari dengan saus kacang, yang ada di Banyuwangi beda. Pecel malah disajikan bareng rawon. Ini memang kedua masakan yarg tidak sama tetapi di banyuwangi malahan banyak sekali fans menu kombinasi ini. Cukup banyak sekali kedai yang menghidangkan rawon pecel. Satu dari beberapa kedai Pecel Ayu, Warung kepunyaan Ny. Sulistiowati (53) ini memulai dari 1982 “Pertamanya saya jualan di Singomatan. Tahun 1997 berada di kedai yarg ini,” ucapnya. Satu piring menu ini isinya bisa ramai. Penyajiannya diawali dengan nasi, setelahnya diberi berbagai sayuran rebus misalnya bayam, tauge, dll. Selesai itu baru diberi kuah dengan saus kacang semacam pecel pada umumnya Yang beda yaitu kuah rawon warnanya hitam yang diatambahkan jadi pamungkasnya. Paduannya unik. juga enak di lidah, gurihnya saos kacang sedangkan aroma khas out dari rawon sebagai paduan yang membuat ketagihan. Warung pecel Ayu buka 07.00-21.00. Di warung ini di sediakan 50 kursi yarg boleh kalian tempati. Situs wisata Kuliner Banyuwangi yang wajib kalian cicipi.
  4. Ayam Goreng Blambangan Berlokasi di Jl Basuki Rahmat No. 62 Rumah makan tersebut menghidangkan ayam goreng kampung khusus. Rasanya gurih pada tekstur renyah diluar tetapi lembut juga berbumbu di dalamnya. Ayam goreng kemungkingan besar menjadi sajian populer begitu pula di Banyuwangi ada salah satu rumah makan khusus tuk pecinta ayam gorerg, Wina Mac Djoe. Ayam goreng mantap tersebut disajikan bersama lalapan seperti kacang panjang, mentimun, juga daun kemangi. Sambal terasi menjadi cocolan juga irisan jeruk purut datang menemani jadi resep masakan. Harga sebuah potong ayam goreng lengkap, Rp. 19.000. Tentang rasa, jangan diragukan. Daging ayam kampung yang renyah berpadu tepat dengan rempahnya. Bila ingin sayuran sedikit banyak. Buat pendampingnya, pesan urap. Sajian ini menghidangkan daun singkong juga tauge rebus yang dihiasi bumbu urap bahan kelapa parut kasar. Kedai kapasitasnya 50 orang tersebut buka 06.00–21 00.